perbedaan budaya

Ingin ke Luar Negeri? Perhatikan Perbedaan Budaya Ini Agar Kamu Selamat

Setiap negara memiliki budaya yang berbeda-beda. Nah jika kamu ingin pergi ke suatu negara, kamu harus mengetahui budaya di negara tersebut. Kamu harus mengetahui hal apa saja yang tidak dibolehkan di negara tersebut agar kamu selamat, aman, dan nyaman saat berpergian. Kamu tidak ingin dianggap tidak sopan karena melanggar budaya mereka bukan? Berikut ini akan disajikan beberapa perbedaan budaya antara negara lain yang berbeda dengan negara kita.

  1. Tidak boleh meniup makanan di Amerika Serikat

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa meniup makanan itu tidak baik. Namun masih banyak orang di negara kita yang melakukan hal tersebut. Karena sudah keburu lapar, makanan panas ditiup terlebih dahulu agar agak dingin sebelum dimakan. Nah jika kamu pergi ke Amerika Serikat, kamu harus menghilangkan kebiasaan tersebut.

perbedaan budaya
perbedaan budaya

Kenapa? Karena di Amerika Serikat, meniup makanan itu dianggap tidak sopan. Jika makanan yang dihidangkan panas, kamu perlu menunggu beberapa saat hingga makanan menjadi agak dingin dan siap dimakan.

  1. Menggunakan alat makan ketika berada di Chile

Di Indonesia, makan menggunakan tangan merupakan hal yang wajar. Namun tidak di Chili, di Chili kamu harus makan menggunakan alat makan seperti sendok, garpu, dan lainnya. Kelihatannya memang masih dalam tahap wajar sih karena kita juga terbiasa makan menggunakan sendok dan garpu.

Namun satu hal yang perlu kamu garis bawahi yaitu semua jenis makanan wajib dimakan dengan sendok dan garpu. Jadi semua makanan yang terhidang di meja makan seperti kentang goreng tetap harus kamu makan dengan sendok garpu. Jika kamu tidak tahan dengan hal demikian, kamu ijin saja saat diundang ke jamuan makan di Chile.

  1. Jangan memberi tip saat berada di Jepang

Terdapat beberapa budaya Jepang yang wajib kamu pelajari sebelum pergi liburan ke Jepang. Salah satunya yaitu pemberian tip pada pekerja. Jangan sekali-kali memberi tip pada pelayan atau siapapun di Jepang meskipun mereka melakukan suatu hal yang sangat baik karena jika kamu memberi tip, kamu dianggap merendahkan derajat mereka.

  1. Jangan senyum sembarangan saat di Rusia

Pada umumnya senyum merupakan lambang keramahan. Barang siapa yang tidak senyum dianggap dingin, cuek, dan tidak berperasaan. Namun ternyata hal tersebut tidak berlaku di Rusia. Di Rusia, tersenyum pada orang asing dianggap naksir orang tersebut. Kamu tidak mau ada salah paham dengan penduduk lokal Rusia bukan?

Jangan senyum sembarangan saat di Rusia
Jangan senyum sembarangan saat di Rusia
  1. Jangan menggunakan tangan kiri saat di India

Bagi negara yang penduduknya mayoritas Islam termasuk Indonesia, penggunaan tangan paling menonjol yaitu tangan kanan. Namun kadang kita juga masih menggunakan tangan kiri jika tangan kanan sedang sibuk dengan hal lain. Nah hal tersebut harus dihindari saat di India. Usahakan selalu menggunakan tangan kanan saat makan, minum, bermain poker online atau mengambil sesuatu di India karena di sana tangan kiri itu dianggap kotor.

  1. Membunyikan klakson di Norwegia

Saat berpergian ke Norwegia dan menyewa mobil, kamu perlu memperhatikan satu hal yaitu jangan membunyikan klakson. Bunyi klakson dianggap sebagai adanya kondisi darurat. Jadi jangan sembarangan membunyikan klakson karena bisa membuat penduduk Norwegia panik seketika.

Nah itu tadi beberapa perbedaan budaya luar negeri yang perlu kamu ketahui agar kamu terhindar dari hal yang tidak diinginkan saat liburan di luar negeri. Ingat, jangan lupa mempelajari dahulu budaya negara yang ingin kamu kunjungi.

LEAVE A REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *